8 cara promosi bisnis afiliasi yang mudah dan murah

Bisnis afiliasi kian banyak digemari seiring pertumbuhan produk digital. Bahkan, anda juga bisa menawarkan banyak produk digital sekaligus dengan skema afiliasi seperti ini. Keuntungan yang didapat tentu saja berasal dari komisi yang telah ditentukan oleh perusahaan pemilik produk digital itu. Beberapa pilihan produk digital yang biasanya menerapkan skema afiliasi ini seperti produk hosting, ebook, kurensi digital, domain dan lainnya. Semakin banyak bisnis afiliasi yang anda ikuti maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Namun, anda juga harus memperhitungkan cara promosi bisnis afiliasi yang ideal untuk membuat orang lain tertarik.

8 cara promosi bisnis afiliasi yang harus dicoba

Sebenarnya anda memiliki peluang besar untuk menawarkan banyak produk digital dengan skema afiliasi. Anda akan mendapatkan link referral yang merupakan bagian sistem afiliasi. Bagikan link itu dengan berbagai cara. Sebelum melakukan cara itu sebaiknya pilih terlebih dahulu produk digital yang banyak dibutuhkan orang dan perusahaan yang terpercaya. Hal ini untuk menghindari scam atau penipuan yang akan merugikan anda setelah melakukan skema afiliasi dengan menawarkan banyak produk ke orang lain. Anda bisa mempertimbangkan 8 cara promosi bisnis afiliasi yang terdiri dari:

  1. Memanfaatkan media sosial

    Cara promosi bisnis afiliasi yang paling mudah adalah memulainya dengan media sosial. Berbagai platform media sosial saat ini memiliki peranan penting untuk mempromosikan bisnis apapun. Apalagi dengan jumlah pengguna media sosial yang semakin bertambah hal itu akan menjadi peluang bisnis yang sangat besar. Hal lain yang harus anda perhitungkan tentu saja efek atau dampak positif saat anda membagikan link referral dari skema afiliasi. Beberapa media sosial yang bisa anda gunakan terdiri dari Facebook, Instagram, Twitter bahkan Youtube. Bagikan link afiliasi dengan deskripsi keunggulan produk yang menjadi bagian promosi untuk relasi anda. Semakin sering anda membagikan informasi tentang produk digital itu biasanya akan membuat orang lain tertarik untuk membicarakan atau ikut menggunakannya.

  2. Membuat banner di blog

    Blog juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan link referral dari produk afiliasi anda. Namun, cobalah menggunakan iklan banner dari setiap sisi blog anda. Hal yang harus anda ingat tentu saja dengan keunggulan blog yang memiliki jumlah pengunjung cukup banyak. Gunakan banner yang menarik dan interaktif. Jangan lupa menyertakan tautan link pada integrasi banner itu. Hal itu akan memudahkan para pengunjung untuk langsung menuju link afiliasi saat meng-klik banner. Agar cara promosi ini lebih ideal sebaiknya tampilkan banner afiliasi itu hanya pada tulisan atau artikel blog yang berkaitan dengan produk. Misalnya saja anda membuat tulisan tentang SEO, hosting dan domain untuk produk afiliasi sejenis. Ini dilakukan agar produk digital dari skema afiliasi menjadi kebutuhan dari pengunjung.

  3. Membuat review di blog pribadi

    Cara promosi bisnis afiliasi yang paling mudah lainnya adalah dengan membuat ulasan atau review. Ini adalah cara paling ideal untuk melakukan promosi terhadap produk digital yang anda tawarkan. Apalagi banyak orang saat ini lebih percaya pada ulasan yang diberikan pengguna sebelumnya dibandingkan dengan promo atau iklan yang dibuat perusahaan produk itu. Ulasan itu biasanya terdiri dari kualitas produk hingga layanan purna jual setelah membeli produk. Pada saat anda membuat ulasan atau review dari produk jangan lupa untuk memberikan interlink atau tautan link dari produk afiliasi. Ini akan memudahkan para pembaca review anda untuk menuju pada halaman produk.

  4. Posting tulisan di forum

    Berbagai produk digital saat ini bisa anda temukan dengan sangat mudah. Bila anda mengikuti program afiliasi produk itu sebaiknya bagikan pengalaman anda di banyak media. Salah satunya dengan membuat tulisan di forum. Sesuaikan kategori forum dengan jenis produk yang anda gunakan. Apalagi saat ini ada beberapa forum yang menyediakan ruangan khusus untuk produk digital tertentu. Manfaatkan salah satu ruangan itu untuk mempromosikan produk yang anda gunakan. Bahkan, anda juga bisa memasukkan sedikit bahasa marketing dengan skema afiliasi. Jangan lupa berikan juga penilaian dan ulasan terbaik agar anggota lain juga tertarik dengan produk yang ditawarkan.

  5. Menerapkan email marketing

    Rekomendasi lain yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk afiliasi dengan memanfaatkan email marketing. Saat ini ada beberapa pilihan jasa email marketing yang bisa anda gunakan. Beberapa layanan itu tersedia secara gratis hingga berbayar. Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan modal yang dimiliki. Bila anda menggunakan layanan secara gratis biasanya harus ada persyaratan tambahan yang dipenuhi. Pola email marketing ini akan dilakukan secara massif. Sehingga anda akan membutuhkan email yang cukup banyak sesuai dengan target. Buatlah konten marketing yang tidak terlalu berlebihan dan tidak memiliki banyak gambar. Simple, elegan dan persuasive menjadi elemen penting dari konten email marketing.

  6. Review melalui video sharing

    Manfaatkan Youtube untuk membagikan link referral anda dengan baik. Melalui platform video sharing seperti Youtube anda juga bisa memaksimalkan promosi produk afiliasi. Hal ini dimulai dengan membuat video tutorial yang disesuaikan dengan produk anda. Bila anda memiliki produk afiliasi digital seperti hosting dan domain cobalah membuat tutorial tentang fungsi dan cara tertentu. Misalnya saja dengan memberikan video tutorial tentang pengaturan hosting, add-on domain, menginstall platform dan lainnya. Masukkan link referral anda dalam video atau keterangan deskripsi di bagian bawah video. Pembahasan yang anda gunakan juga akan menyebutkan produk afiliasi yang ditawarkan.

  7. Memberi ulasan di website tanya jawab

    Search engine atau mesin pencari di internet kerap digunakan banyak orang untuk menanyakan sesuatu. Hal ini juga akan berkaitan dengan pertanyaan tentang produk digital tertentu. Biasanya kata kunci yang dimasukkan pada search engine itu akan menghasilkan beberapa situs atau website tanya jawab (Q & A). Anda bisa masuk ke dalam website itu dan membuat akun lalu ikut dalam memberikan jawaban. Cobalah berikan jawaban sesuai dengan pertanyaan tentang produk digital anda. Selanjutnya bagikan link referral dari produk afiliasi anda pada bagian akhir penjelasan. Tambahkan juga bahasa persuasive untuk mencoba produk yang ditawarkan.

  8. Beriklan di media sosial

    Ini adalah salah satu cara yang paling efektif. Namun, anda juga akan membutuhkan biaya tambahan untuk melakukan cara seperti ini. Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan iklan berbayar di media sosial seperti Facebook, Instagram hingga Twitter. Cara beriklan yang ditawarkan juga sangat efektif. Anda bisa menampilkan iklan sesuai dengan pilihan demografi pemilik akun media sosial. Hal ini akan semakin memudahkan anda untuk menyesuaikan produk dengan karakteristik pengguna media sosial. Salah satu contoh yang bisa dilakukan dengan membuat iklan afiliasi yang ditujukan bagi para blogger atau publisher aktif di Facebook. Iklan anda biasanya akan muncul pada saat blogger atau publisher itu membuka akun Facebook mereka.

Bisnis affiliasi sekarang ini semakin berkembang. jika Anda tertarik untuk memulai bisnis affiliasi, 8cara promosi bisnis afiliasi bisa Anda jadikan referensi dalam memulai jadi affiliate. Selamat mencoba.