Fb 2Twitter 2Google 2Insta 2

Peluang Bisnis Usaha Minuman Jus Buah

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 4.00 (3 Votes)
Peluang Bisnis Usaha Minuman Jus Buah - 4.0 out of 5 based on 3 votes

Jusbuah

Bisnis aneka jus buah ini tidak ada matinya karena keuntungan yang dijanjikan dari bisnis ini cukup besar. Harga bahan baku yang murah, mudah didapatkan dan hanya menggunakan peralatan yang sederhana membuat bisnis yang satu ini banyak diminati para pelaku bisnis yang hendak memiliki bisnis sendiri baik itu untuk dijadikan bisnis utama maupun untuk dijadikan bisnis sampingan.

Sayangnya, bisnis aneka jus buah ini sangat bergantung pada musim, karena ada beberapa jenis buah-buahan yang sulit ditemukan di pasaran pada musim-musim tertentu. Selain itu, bisnis kedai jus ini juga tergantung pada cuaca di mana ketika cuaca panas, maka akan ada banyak orang yang membutuhkan jus buah-buahan ini sebagai pelepas dahaga. Tetapi ketika cuaca hujan, maka jelas, tidak ada satu orang pun yang berminat menikmati jus buah yang dingin dalam cuaca yang dingin sehingga ketika cuaca hujan tersebut maka bisnis ini akan sepi pengunjung.

Cara Memulai Bisnis Kedai Jus

  • Untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan persiapan yang rumit. Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mengenal cara pengolahan berbagai jenis jus buah serta variasi dari masing-masing jus tersebut.
  • Mengetahui tempat pembelian buah-buahan secara grosir untuk menekan biaya modal yang harus dikeluarkan untuk pembelian bahan baku.
  • Lokasi usaha memegang peranan yang sangat penting dalam kesuksesan bisnis aneka jus buah ini. Biasanya lokasi di sekitar kampus, sekolahan, daerah perumahan atau pemukiman yang padat penduduk merupakan pangsa pasar yang sangat potensial. Karena itu, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat ketika hendak memulai bisnis aneka jus buah ini.
  • Tentukan harga jual yang terjangkau untuk semua kalangan misalnya saja kita mematok harga per gelasnya adalah lima ribu rupiah. Dari harga ini saja kita sudah mendapatkan keuntungan yang lebih dari cukup. Jangan lupa untuk menghitung harga penggunaan gelas kemasan dan sedotan sebagai harga modal, karena kebanyakan pengusaha jus lupa untuk memasukkan penggunaan gelas dan sedotan tersebut sebagai biaya atau modal.
  • Manfaatkan peralatan yang sudah kita miliki untuk mengurangi investasi modal awal. Dengan menggunakan peralatan yang sudah kita miliki, maka modal yang terbatas pun bisa kita minimalisir atau kita alihkan untuk penyediaan bahan baku buah-buahan. Peralatan ini misalnya blender, kulkas, pisau, gelas dan peralatan lainnya yang dibutuhkan.
  • Membeli bahan baku langsung di toko grosir seperti membeli buah-buahan, gula, susu dan lainnya. Membeli bahan baku di toko grosir ini akan membuat kita mendapatkan harga jauh lebih murah daripada membeli di toko biasa.
  • Hindari penggunaan sari manis atau pemanis buatan. Pemanis buatan ini merupakan bahan kimia yang bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan juga akan mengakibatkan cita rasa es jus yang kita jual menjadi tidak segar. Biasanya di jus buah yang mengandung pemanis buatan akan terasa sedikit pahit atau berasa karat di lidah.
  • Memilih dan menyiapkan kemasan berupa gelas plastik yang berpenutup, unik, bersih dan praktis beserta sedotannya atau sendok kecil. Usahakan untuk menggunakan gelas plastik yang berbahan aman bagi kesehatan.
  • Menjaga kebersihan gerai bisnis kedai jus ini. Jika tempat dan cara kerja kita berantakan maka pelanggan akan berpikiran bahwa jus buah yang kita jual kotor dan tidak higienis sehingga kelak mereka tidak akan membeli jus kita lagi. Untuk itu, jagalah selalu kebersihan tempat, wadah, peralatan dan kemasan hingga kebersihan kita dalam mempersiapkan jus buah pesanan pelanggan.
  • Mempelajari berbagai khasiat dan manfaat dari masing-masing buah agar dapat mengkombinasikan berbagai macam buah untuk menciptakan resep jus buah baru.
  • Mempersiapkan bisnis pengganti ketika memasuki musim penghujan untuk mencegah besarnya biaya operasional sementara omset penjualan jus buah menurun. Contohnya adalah pada musim kemarau, kita akan menjalankan bisnis kedai jus buah kita ini sebagai bisnis sampingan. Tetapi ketika memasuki musim penghujan, kita akan berbisnis jajan pasar atau bubur ayam, atau bisa juga membuka bisnis lainnya yang sesuai dengan musim penghujan tersebut.
  • Gunakan berbagai macam buah segar sebagai variasi pilihan pelanggan. Kita juga bisa menciptakan berbagai kombinasi buah segar tersebut menjadi sebuah resep jus yang lezat. Misalnya saja jus strawberry-pear, jus mangga-jeruk, jus apel-jeruk, dan lain sebagainya. Kita juga bisa memberi nama-nama yang unik untuk masing-masing jus kombinasi tersebut untuk menarik minat pelanggan kita untuk mencoba berbagai jus buah segar yang kita sediakan.
  • Jaga mutu baik dalam segi pelayanan ataupun produk dengan baik.
  • Pelayanan yang ramah dan sabar serta mampu memenuhi keinginan pelanggan jelas akan menjadi pilihan pelanggan selanjutnya.

(kabarukm.com)

 

Pin It Button